Program Pascasarjana (S2/S3) | Sekilas Tentang (S2/S3)

Tentang Program Pascasarjana

Program pascasarjana di Departemen Teknik Perminyakan ITB mulai diselenggarakan pada bulan Agustus 1989 berdasarkan Surat Keputusan Direktur Jenderal Pendidikan dan Kebudayaan RI No. 52/DIKTI Kep./1990. Jenjang pendidikan adalah Magister (S2) Teknik Perminyakan dengan orientasi pendidikan akademik dan profesional secara terintegrasi dalam bidang teknik perminyakan, gas bumi, dan panas bumi. Sejak dibukanya program tersebut, usaha-usaha pengembangan terus dilakukan. Evaluasi diri dilakukan dengan mengikuti perkembangan ilmu dan teknologi terkait, mengembangkan dan meningkatkan kualifikasi staf pengajar serta memperhatikan kebutuhan industri. Kurikulum telah mengalami perubahan pada tahun 1995 dengan menambah bobot profesionalisme tanpa mengurangi aspek ilmiah dan bobot akademik. Hasil – hasil penelitian dan karya para lulusan program pascasarjana ini telah menembus publikasi tingkat internasional. semua lulusan yang telah dihasilkan sudah terserap dengan baik oleh dunia pendidikan maupun industri. Bahkan program pascasarjana ini telah diakui oleh universitas terkemuka di luar negeri dengan diterimanya lulusan program magister untuk mengikuti program doktoral. Kini, sebagian dari mereka telah mendapatkan gelar doktor dengan hasil yang sangat memuaskan.

Visi program Studi Teknik Perminyakan ITB untuk tahap magister adalah “menjadikan Program studi teknik perminyakan diakui sebagai lembaga terkemuka berkelas internasional dalam bidang Pendidikan, Penelitian dan Pelayanan Kepada Masyarakat serta menjadi pusat perkembangan ilmu dan teknologi di bidang perminyakan”. Sedangkan misinya adalah melaksanakan program Pendidikan Tinggi yang menghasilkan SDM yang berkualitas dan berdaya saing tinggi, melakukan inovasi penelitian yang berkontribusi besar bagi dunia perminyakan dan untuk mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi serta memberikan pelayanan dan pemberdayaan masyarakat dan industri secara sungguh-sungguh dan berwawasan lingkungan.

Adapun tujuan dari Program Studi Magister TM sesuai dengan misinya yaitu:

  1. Menyelenggarakan pendidikan untuk menghasilkan magister TM yang berkualitas dan sesuai dengan kebutuhan industri
  2. Melakukan penelitian untuk menjawab tantangan teknologi migas dan dengan melibatkan mahasiswa magister
  3. Melakukan pelayanan masyarakat untuk pemberdayaan masyarakat khususnya industri migas
  4. Meningkatkan kualitas pendidikan dengan secara terus menerus melakukan perbaikan proses belajar mengajar (metodologi dan kurikulum).