Program Pascasarjana | PMD

TATA CARA DAN SYARAT
PENDAFTARAN MASUK PROGRAM MAGISTER ATAU DOKTOR
TEKNIK PERMINYAKAN INSTITUT TEKNOLOGI BANDUNG

TATA CARA
Tata cara pendaftaran untuk mengikuti program magister dan/atau doktor Program Studi Teknik Perminyakan – ITB mengikuti ketentuan umum yang telah ditetapkan oleh ITB seperti yang dapat dilihat pada link berikut: http//sps.itb.ac.id/pendaftaran.

PERSYARATAN UTAMA
1. Lulus Sarjana dan/atau Pasca Sarjana Teknik atau Science
2. Memiliki IPK minimum Sarjana 3.0 dari skala 4.0 (program Magister), nilai kemampuan Bahasa Inggris yang setara dengan score TOEFL minimum 525, dan nilai TPA minimum 550 (untuk calon mahasiswa magister dan doktor dari Indonesia).

TES SELEKSI
Calon mahasiswa yang memenuhi persyaratan utama di atas selanjutnya dipanggil untuk melakukan wawancara dengan tim seleksi yang ditentukan oleh Program Studi Teknik Perminyakan. Keputusan penerimaan/penolakan calon berdasarkan pada evaluasi terhadap dokumen persyaratan utama dan hasil wawancara.

PEMBEKALAN TAMBAHAN DI BIDANG TEKNIK PERMINYAKAN
Bagi calon mahasiswa program Magister yang diterima yang tidak memiliki latar belakang teknik perminyakan, maka yang bersangkutan diwajibkan untuk mengambil mata kuliah matrikulasi di luar struktur kurikulum program studi Pasca Sarjana Teknik Perminyakan tahun 2013. Matakuliah matrikulasi tersebut ditetapkan oleh Program Studi Teknik Perminyakan ITB.

Sedangkan bagi calon mahasiswa program Doktor yang diterima yang tidak memiliki latar belakang program Sarjana (S1) dan/atau program magister (S2) Teknik Perminyakan ITB, maka yang bersangkutan akan mengambil mata kuliah kualifikasi di luar struktur kurikulum program Doktor Teknik Perminyakan tahun 2013. Matakuliah kualifikasi tersebut tercantum dalam Pedoman Pelaksanaan Kualifikasi Mahasiswa Calon Doktor Teknik Perminyakan Institut Teknologi Bandung.